News Update
Siantar News / Gaya Hidup / Kuliner / Kopi Lintong Sudah Diekspor ke Amerika, Jerman dan Korea
Foto: Daily News Coffee
Foto: Daily News Coffee

Kopi Lintong Sudah Diekspor ke Amerika, Jerman dan Korea

SiantarNews|Humbahas,-Kopi Lintong berasal dari Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara punya keunggulan. Kopi ini sudah ‘mendunia’ karena aroma dan cita rasanya.

“Kopi Humbahas ini ekspornya sudah ke Amerika, Jerman, Korea, juga Hongkong,” kata Kepala Dinas Pertanian Humbang Hasundutan, Junter Marbun di Coffee Fest Toba 2017, Taman Sipinsur, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sabtu (2/12/2017) mengutip detik.

Ia mengklaim, kopi Humbang Hasundutan ini memiliki keunggulan kualitas berupa cita rasanya. Karenanya kopi ini menjadi salah satu kopi yang terbaik di Indonesia. “Dari segi alam yang mendukung (untuk menanam kopi). Pemasaran kopinya sudah cukup bagus. Kita di sini tetap membina petani kopi dari pembukaan lahan sampai panen,” terang Junter.

Menurutnya pengembangan produksi kopi terus dilaksanakan, termasuk juga peremajaan kebun-kebun kopi. Dengan festival kopi yang tengah dilaksanakan ini, Junter berharap kopi di Humbang Hasundutan semakin dilirik dan dikenal orang di luar Sumatera Utara dan luar negeri.

“Juga tentunya meningkatkan semangat petani kopi,” jelas Junter. Sementara itu, Pengurus Senior Komunitas Horas Halak Hita (H3) Tengku Said Idris Pardede mengatakan, festival kopi ini diramaikan sebanyak 50 kontestan. Mereka berasal dari sejumlah daerah yang ada di Indonesia. ” Peserta ada dari Manado, Sulawesi Selatan, Jawa Barat, dan Sumatera Utara,” imbuhnya.

Said berharap, dengan adanya festival ini, kopi di Humbang Hasundutan dapat mendunia. “Ini merupakan promosi kopi Humbang Hasundutan di nusantara dan mancanegara,” tutupnya.(Red)

Klik Disini Untuk Mendaftar

Baca Juga

Bikin Lapar ! Mie Gomak Khas Batak Toba, Rasa Kuat Rempahnya Sangat Lezat

SiantarNews|Kuliner,- Tidak lengkap rasanya jika mengunjungi kota dengan penduduk mayoritas Batak Toba di Toba Samosir, tidak mencicipi kuliner ...