Siantar News / Gaya Hidup / Komunitas / STTM Muhammadiyah Tangerang Kunjungi P2SMTP-LIPI dan Jajaki Kerjasama

STTM Muhammadiyah Tangerang Kunjungi P2SMTP-LIPI dan Jajaki Kerjasama

SiantarNews|Tangerang Selatan ,– Pusat Penelitian Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian – LIPI (P2SMTP-LIPI), dalam hal ini diwakili kelompok Penelitian Teknologi Mutu menjajaki kerjasama penelitian dengan Sekolah Tinggi Teknologi Mutu Muhammadiyah (STTM Muhammadiyah) Tangerang, dalam rangka membantu masyarakat terutama UKM dan industri kecil menengah (IKM) dalam meningkatkan daya saing mereka yang dilaksanakan di P2SMTP-LIPI Kompleks Puspiptek Serpong, Selasa (26/9/17).

Acara pertemuan dibuka langsung oleh Kapus P2SMTP Agus Fanar Syukri PhD sekaligus memberikan sambutan dan pengarahan dan memperkenalkan diri personil Kelompok Penelitian Teknologi Mutu P2SMTP-LIPI kepada rombongan dosen STTM Muhammadiyah.

Sementara itu, peneliti P2SMTP-LIPI Dr Darmawan Baginda Napitupulu menyampaikan pemaparan kiat-kiat dalam melakukan penelitian, publikasi ilmiah khususnya dibidang e-Government.

“Dikatakannya, bahwa sebuah penelitian harus mempunyai kontribusi ilmiah atau sumbangsih terhadap ilmu pengetahuan sehingga mempunyai kebaruan dan orisinalitas serta tidak terjerumus dalam praktek plagiat yang saat ini sedang marak terjadi,” ucapnya.

Biasanya sering terjadi salah kaprah paradigm tentang penelitian selama ini, dan itu biasanya terjadi pada level skripsi (S1) Jurusan Teknik, dimana tujuan penelitian sering kali ditekankan pada luaran berupa perangkat keras maupun perangkat lunak.

“Padahal, seyogyanya perangkat keras atau perangkat lunak hanyalah alat untuk menguji hasil penelitian kita serta membuktikan apakah metode atau pendekatan yang kita gunakan telah efektif,” pungkas Darmawan.

Pada sesi diskusi juga, peneliti P2SMTP-LIPI ini menyampaikan mengenai pengenalan tentang Open Science Framework (OSF) dan INA-RXiv kepada peserta. Saat ini adalah era dimana kita saling berbagi dan berkolaborasi dengan sivitas yang lain.

“Ini penting, membangun budaya Open Science artinya membuka keran akses terhadap hasil karya kita sehingga hasil penelitian kita dapat dengan mudah dan cepat dimanfaatkan oleh publik,” tutur Darmawan.

INA-RXiv adalah “The Indonesia preprint server” yang mempercepat diseminasi atau klaim hasil riset sehingga publik dapat segera memanfaatkan hasil-hasil riset tersebut.

“Hal ini sangat menguntungkan karena peneliti sering kali terkendala waktu tunggu publikasi di jurnal yang relatif lama,” tutupnya.

Kerjasama penelitian ini dilatarbelakangi kesamaan visi dan misi antara Kelompok Penelitian Teknologi Mutu P2SMTP-LIPI dengan STTM Muhammadiyah Tangerang yang diharapkan bisa saling memperoleh informasi lebih mendalam tentang kiat melakukan penelitian dan teknik penulisan di Jurnal Internasional terindeks. (JS)

Baca Juga

Hari Ini Siantarman Arts Festival di Aula Universitas HKBP Nommensen

SiantarNews|Siantar,- Ditengah minimnya agenda ruang seni di Kota Siantar, para pekerja seni dan budaya dari 39 ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!