News Update
Siantar News / Gaya Hidup / H-1 Natal, Masih Ada Hotel di Tuktuk Kamar Tidak Terisi Satupun

H-1 Natal, Masih Ada Hotel di Tuktuk Kamar Tidak Terisi Satupun

SiantarNews|Samosir,- Memasuki H-1 Natal, aktivitas di kawasan wisata Tuk-tuk Siadong, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, masih sepi. Bahkan hingga, Minggu (24/12/2017), masih ada hotel yang kosong, tidak satu pun kamar yang terisi.

Manager Hotel Duma Sari, K Manik, mengatakan, dari 72 kamar di hi hotel yang dikelolanya, tak satu pun terisi.

“Belum ada tamu. Semua kamar masih kosong. Dan memang biasanya, mulai ramai pada 24-31 Desember.

Tapi melihat situasi, kecil kemungkinan tingkat penghuni kamar hotel ramai di tahun ini. Selama ini juga kita hanya mengandalkan anak-anak sekolah yang liburan dan kegiatan pemerintah daerah di sini,” jelas K Manik.

Menurutnya, kondisi saat ini jauh berbeda dengan kondisi tahun 90-an, sebelum ada gaet, sarana informasi secanggih saat ini, seperti internet. Justru saat itu tamu membludak ke Samosir.

“Tahun 95-97 sebelum ada gaet, internet, justru tamu membludak. Sekarang, sarana lengkap, malah minim pengunjung. Tapi, ini bukan kesalahan pemerintah, melainkan kesalahan masyarakat sendiri,” sebut K Manik.

Dirinya menilai, minimnya jumlah pengunjung dikarenakan faktor harga yang cukup tinggi, sementara tidak sebanding dengan pelayanan. Tidak hanya itu, dirinya juga pesimis akan perkembangan wisata di daerah Tuk-tuk.

Sementara itu, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Samosir Annette Horschmann mengatakan, kondisi hotel saat ini di Tuk-tuk sudah penuh, dan banyak yang sudah memesan kamar.

“Oh pasti, kalau hari libur Tuk-tuk padat pengunjung. Apalagi ini akhir pekan, hotel full karena tanggal 25 hari merah. Dan memang, hari ini banyak yang masuk,” terang Annette ketika dihubungi medanbisnis.

Untuk membuat para tamu lebih nyaman, Annette menyampaikan, pihaknya telah mengimbau kepada hotel-hotel, agar meningkatkan servis, melakukan perbaikan-perbaikan. Selain itu, juga menambah fasilitas, seperti shop tracking, booking teaching, dan melakukan gotong royong kebersihan keliling Tuk-tuk.

Soal standar harga, lanjut Annette, tergantung hotel masing-masing. Dan sebanyak kurang lebih 30 hotel di sekitar Tuk-tuk, biasanya akan ramai hingga tanggal 7 Januari.(Rey|GS)

Klik Disini Untuk Mendaftar

Baca Juga

Jika Mampu Lewati 5 Masa Kritis Ini Pernikahanmu Bakal Langgeng

SiantarNews|Setiap pasangan yang sudah menikah tentu ingin agar pernikahanmereka langgeng. Dalam sebuah pernikahan pasti akan ada ...