Siantar News / Gaya Hidup / Bikin Lapar ! Mie Gomak Khas Batak Toba, Rasa Kuat Rempahnya Sangat Lezat
Mie Gomak

Bikin Lapar ! Mie Gomak Khas Batak Toba, Rasa Kuat Rempahnya Sangat Lezat

SiantarNews|Kuliner,- Tidak lengkap rasanya jika mengunjungi kota dengan penduduk mayoritas Batak Toba di Toba Samosir, tidak mencicipi kuliner khas kota tersebut. Ya, kuliner khasnya adalah Mie Gomak masakan khas Batak Toba.

Makanan ini menjadi andalan provinsi Sumatera Utara, karena mulai dari Siantar, Parapat, Balige, Labuhan Batu, Sibolga hingga Tapanuli. Mie Gomak sangat mudah didapatkan di warung pinggir jalan dan menjadi menu makanan khas dengan bumbu resep turun menurun menggunakan andaliman.

Mie Gomak Dengan Kuah

Bumbu masak khas suku Bayak alias mericanya suku Batak. Mi Gomak biasa dijumpai di warung, kedai, dan pasar. Ada beragam versi untuk penyebutan Mi Gomak ini. Ada yang menyebutnya mi lidi karena bentuknya yang bulat panjang seperti lidi. Lalu, ada juga yang menyebutnya spaghetti Batak karena bentuknya yang mirip sekali dengan spaghetti Italia, berwarna kuning, seperti silinder kecil dan panjang.

Arti Mie Gomak sendiri adalah mie yang di aduk (gomak) dengan tangan saat menyatukan bumbu. Proses pemasakannya pun kebanyakan pedagang masih menggunakan tungku tradisional, katanya untuk menjaga rasa dan penyerapan bumbu lebih terasa pada mie serta menjaga aroma bumbu andalimannya tetap wangi.

Lina, seorang pemilik warung Mie Gomak di pasar Balige menuturkan memasak Mie Gomak tidak bisa sembarang. Selain takaran bumbu harus pas proses pemasakan juga harus menggunakan tungku tradisional agar aroma bumbu wangi saat matang dan bumbunya pun menyerap. Selain proses pemasakan, bumba masak juga harus lengkap.

Mie Gomak Disajikan dengan Berbgai Macam Penyajian

Sekilas, Mie Gomak memang mirip dengan mie Aceh karena bentuk dan warna mie hampir sama. Namun, ukuran Mie Gomak lebih besar dan padat dan sering menggunakan mie lidi sedangkan mie Aceh menggunakan mie lain. Mie Gomak biasanya direbus terlebih dahulu sebelum dihidangkan. Ada berbagai cara untuk membuat menu makanan berbahan dasar Mie Gomak ini. Ada mi gomak kuah, mi gomak goreng, dan mi gomak bumbu kacang.

Untuk Mie Gomak kuah, mie yang sudah di rebus di tuang dengan kuah santan dengan bumbu bawang merah, bawang putih, cabai merah, lengkuas, sereh, jahe, kemiri, kunyit, kelapa gonseng, dan andaliman. Santan bisa di tambah dengan labu siam atau buncis. Setelah itu, di taburi kerupuk, bawang goreng, dan irisan kol. Untuk mi gomak goreng, cara membuatnya sama seperti mi goreng biasanya. Bisa ditambah dengan bakso, sosis, ayam, ditambah sayur sawi atau kol.

Untuk Mie Gomak bumbu kacang, mie gomak yang sudah di rebus dituang dengan bumbu kacang, ditambah telur rebus, lalu ditaburkan kerupuk dan bawang goreng. Ada satu bumbu khas Batak yang selalu digunakan untuk membuat masakan berbahan dasar mi gomak. Namanya andaliman, bumbu khas Batak, berbentuk seperti lada mungil kehijauan yang rasanya pedas, asam, dan menggigit. Mi gomak rasanya menjadi unik dengan tambahan bumbu yang satu ini.

Mie Gomak

Mie Gomak rasanya kenyal-kenyal gurih, pedas, dan asam yang berasal dari andaliman. Wangi dan aroma pedas andaliman menambah kenikmatan Mie Gomak. Kalau mau mencicipi di kota Medan dan sekitarnya ada beberapa penjual mie ini.(SportTourism)

Baca Juga

Pedagang Salak Ini Bakal “libur’ Jualan selama 3 tahun, Begini Ceritanya

SiantarNews|Siantar,-Syawalin Nasution yang berprofesi sebagai pedagang buah Salak ini hampir bisa pastikan tak akan melakukan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!