copyright unsplash.com/Jessica Barletta

SiantarNews|Tips,- Minyak goreng yang telah berubah warna tidak baik jika digunakan lagi. Minyak yang telah berubah warna biasanya terjadi karena telah digunakan berulang kali.

Tak hanya warnanya yang berubah, minyak yang digunakan berulang kali juga memiliki aroma yang berbeda dan membuat setiap masakan tak sesedap atau sesegar jika kita menggunakan minyak yang masih baru. Menurut para ahli kesehatan, minyak sebaiknya tidak digunakan lebih dari tiga kali. Karena apa? Minyak yang telah digunakan berulang kali atau sampai lebih dari tiga kali dikhawatirkan akan mengandung berbagai senyawa yang mengancam kesehatan.

Agar minyak tetap sehat, tidak berubah warna maupun rasa serta aroma, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan. Berikut cara tersebut.

Loading...

Menyaring Minyak

Saringlah minyak setiap kali selesai digunakan. Minyak yang rutin disaring akan senantiasa bersih dan bebas dari kotoran serta tidak mudah berubah warna. Minyak yang disaring juga akan lebih sehat dan bisa digunakan lebih dari satu atau dua kali.

Jangan Gunakan Api Terlalu Panas

Usahakan agar tidak menggoreng dengan api yang terlalu panas. Menggoreng dengan api yang terlalu panas bisa membuat wajan rentan gosong, makanan cepat gosong dan minyak berubah warna jadi kecokelatan. Setiap kali menggoreng, gunakan api kecil atau sedang saja. Selain bisa membuat makanan matang sempurna, api sedang atau kecil akan membuat minyak tidak cepat berubah warna.

Hindari Menggunakan Minyak Terlalu Banyak Saat Menggoreng

Pastikan untuk menggunakan minyak secukupnya saat menggoreng masakan. Jangan gunakan minyak dalam jumlah banyak karena hal ini akan membuat minyak rentan kotor. Menggoreng dengan sedikit minyak selain bisa membuat makanan tetap sehat, ini juga membuat persediaan minyak goreng di rumah awet.

Simpan Minyak di Wadah Botol

Simpan minyak di wadah botol agar kebersihan dan kesehatannya terjaga. Ini juga menurunkan risiko minyak dimasuki semut atau hewan lainnya. Minyak yang disimpan di dalam botol juga lebih higienis dan tidak akan mudah berubah warna.

Itulah beberapa cara agar minyak tidak mudah berubah warna. Cara yang sangat mudah kan ladies? Selamat mencoba cara ini dan semoga bermanfaat. Kalau kamu punya cara lain, jangan lupa untuk share di kolom komentar ya.(vem)

Klik Disini Untuk Mendaftar

Baca Juga

Buruan Order Yuk ! Tiket Silangit-Kuala Lumpur 100 Ribu Loh !

SiantarNews|Maskapai AirAsia akan melakukan penerbangan perdana Danau Toba-Kuala Lumpur bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda (28/10/2018). ...